PAKDE ON adalah singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Dengan Online
merupakan Sistem pelayanan desa berbasis online yang terintegrasi langsung dengan pusat (SIAK Terpusat).dengen tujuan tertata dan tersinkronisasinya Administrasi Desa dengan Pusat.
sistem pelayanan ini mencakup:
* Pindah/Datang
* Kartu Keluarga
* Akta Kematian
*Akta Kelahiran
warga diharuskan melengkapi persyaratan untuk Administrasi yang akan dibuat.
seperti
* ktp
* Kartu Keluarga
* Buku Nikah
* Akta Kelahiran
* Surat Keterangan Lahir
* Ijazah
warga yang akan membuat Administrasi kependudukan tinggal menyerahkan Berkas ke Loket Pelayanan yang nantinya akan diverifikasi oleh Petugas sebelum diUpload ke pusat.
apabila Berkas sesuai dengan persyaratan maka akan berkas Administrasi akan dikirimkan ke email untuk dilakukan pencetakan fisik.
namun bila tidak sesuai maka warga akan diminta melengkapi berkas tersebut.
dengan adanya program Administrasi dengan online ini diharapkan warga semakin tertib administrasi kependudukan.